Debat Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FIP UNY

SELASA, 8 Januari, bertempat di Abdullah Sigit Hall Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) tengah dilangsungkan acara debat calon kandidat ketua dan wakil ketua BEM FIP dengan tema “Tunjukan Kontribusimu Menuju FIP yang Lebih Baik”. Acara dimulai pada pukul 16.00-18.00 WIB dengan dihadiri oleh Bapak Dr. Suwarjo, M.Si, selaku wakil dekan III FIP sekaligus sebagai panelis dalam acara tersebut .

Para kandidat yang terdiri dari pasangan satu Yunus Purnama (Ketua Hima AP), Angga Ratman (ketua HIMA PGSD Mandala) serta pasangan kedua Isna Hidayat (ketua HIMA PGSD wates), Latif Aminudin (Ketua HIMA KP) saling memaparkan visi dan misi yang diusung serta program kerja yang akan dilaksanakan. Selain itu, kandidat harus menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh panelis serta saling mengutarakan pendapat masing-masing.

Banyak persiapan yang dilakukan calon kandidat untuk menghadapi acara debat ini. “Untuk kesiapan saya menghadapi debat ini tentunya saya dengan pasangan saya berusaha menyatukan visi dan misi dan mendalaminya,” ujar Isna Hidayat, salah satu calon kandidat.
Kedua kandidat menyatakan siap untuk pemilihan besok serta berkomitmen untuk saling mendukung program kerja bagi pasangan yang terpilih.

Debat berlangsung lancar meskipun kecenderungan debatnya kurang saling mengomentari antarpendapat para kandidat lain. Hal ini diutarakan oleh Yunus Purnama, calon kandidat, “Sebenarnya acara ini belum ada unsur debatnya, selain kurang saling mengkritik, juga cenderung sama pendapatnya.” Selain itu, sesi tanya jawab hanya dilontarkan dari panelis, sedangkan sesi tanya jawab untuk peserta dihilangkan karena waktu acara debat sudah menunjukan jam akhir acara “Untuk acara, lancar, meskipun seharusnya diberikan waktu bagi para peserta untuk bertanya kepada calon kandidat. Ya, meskipun pada akhir acara kita diperbolehkan untuk menanggapi jawaban kandidat,” ujar Florentinus Suryo Purnadi, mahasiswa jurusan FSP.

Harapan peserta yang hadir tentang debat ini yakni sebuah komitmen untuk melaksakan visi dan misi yang diusung serta kejelasan implementasi program yang diutarakan. Hal ini seperti yang diutarakan oleh Danis Dwi Rackma, mahasiswa prodi KP, “Sebuah perkataan itu seperti sebuah janji, apabila hanya dimulut, maka itu hanya akan menjadi bualan belaka. Semoga semua program dapat direalisasikan dengan baik”.(Irega Gelly Gera/Jurnalis LPM Ekspresi)

FacebookTwitterGoogle+