Home » Berita » AJI Gelar Festival Media

AJI Gelar Festival Media

Sultan dalam sambutannya membuka acara festival media
Sultan dalam sambutannya membuka acara festival media

Mengusung tema “Mencari Kebenaran di Era Banjir Informasi”, Alliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan puluhan media lokal, nasional, dan internasional menggelar acara bertajuk Festival Media. Acara yang digelar dalam rangka memperingati ulang tahun Aji ke-19 ini berlangsung di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (28-29/9).

Selain acara dikemas dalam bentuk pameran dan stanisasi media yang diikuti dari berbagai pegiat media, Festival Media juga mengadakan bermacam-macam perlombaan. Perlombaan tersebut  berupa Lomba Foto dan Lomba Stand Up Comedy untuk peserta umum, Lomba Penerbitan untuk kalangan Pers Mahasiwa, dan Lomba Blog bagi siswa Sekolah Menengan Atas (SMA).

Eko Maryadi, Ketua Umum AJI Indonesia dalam sambutannya membuka acara (28/9) mengatakan festival media ini diadakan dalam usaha mendekatkan diri antara media massa dengan masyarakat, “Sebab selama ini dirasa selalu ada jarak yang tercipta antara media dengan publik,” tambah Eko.

Eko Maryadi menambahkan, oleh karenanya dalam festival media diharapkan masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan-perusahaan media massa yang terlibat, baik lokal nasional, dan internasional. Baik media mainstrem ataupun alternatif.

Selain Eko Maryadi, Sri Sultan Hamenku Buwono X juga mendapatkan kesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Festival Media. Dalam sambutannya, Sultan berharap dengan momen Festival Media ini pers Indonesia semakin dewasa dengan tidak menganut teologi oplah yang membela kepentingan bisnis secara berlebihan yang mengabaikan kebenaran dan keadilan. Irawan Sapto Adhi

 

Check Also

KMP Education Research Conference Buka Pekan Raya KMP 2017

Senin (13/11), suasana ketika KMP Education Research Conference berlangsung. Foto dokumen KMP. foto oleh Danang/EKSPRESI …