Home » Berita » Festival Layang-layang 2013

Festival Layang-layang 2013

19-20 Oktober 2013 Pantai Glagah Kabupaten Kulon Progo akan ramai dengan diselenggarakannya Festival Layang-Layang Nasional 2013. Acara ini dihelat oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo dan Pekarya Layang-layang Nasional Indonesia.

“Festival dijawalkan berlangsung di Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, 19-20 Oktober 2013 dan diikuti 30 klub layang-layang nasional,” ujar Ketua Panitia Festival Layang-layang Nasional 2013, Rahmad Suabadi di Yogyakarta, Jumat (18/10/2013).

Rahmad mengatakan kegiatan tahunan itu sudah berlangsung beberapa kali dan ditanggapi dengan sangat postif oleh masyarakat DIY, termasuk wisatawan yang menikmati Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo.

“Tahun lalu sebanyak 15.000 pengunjung datang menyaksikan kegiatan festival tersebut. Tahun ini ditargetkan jumlah pengunjung akan lebih banyak lagi,” kata Rahmad.

Rahmad menjelaskan beberapa kelas lomba dalam Festival Layang-layang Nasional 2013 meliputi kategori  tradisional (nasional), kategori 2 dimensi (lokal dan nasional), dan katagori 3 dimensi (lokal dan nasional).

“Selain itu, dilombakan kategori Train Naga (nasional) dan kategori Rokuku Challenge (nasional). Bagi para juara  akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat,” katanya.

Selain festival layang-layang, pengunjung festival tersebut juga akan dihibur dengan pentas kesenian. “Festival Layang-layang Nasional ini sekaligus menguatkan citra Pantai Glagah sebagai ikon  Festival Layang-layang Nasional,” katanya seperti dilaporkan Portal Berita Kompas.com (M.M. Ratih Fernandez)

Check Also

KMP Education Research Conference Buka Pekan Raya KMP 2017

Senin (13/11), suasana ketika KMP Education Research Conference berlangsung. Foto dokumen KMP. foto oleh Danang/EKSPRESI …