Home » Berita » Guru Besar untuk Wakil Rektor III UNY

Guru Besar untuk Wakil Rektor III UNY

Selasa (13/11), Sumaryanto tengah membacakan teks pidato pengukuhan guru besarnya.
Selasa (13/11), Sumaryanto tengah membacakan teks pidato pengukuhan guru besarnya.

 

Selasa (13/11), bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Rektotar UNY melalui Rapat Senat Terbuka, Dr. Sumaryanto, M.Kes, Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahraga. “Ini hari yang saya tunggu setelah 2007 lalu punya kesempatan yang sama untuk Guru Besar. Dulu karena belum menyelesaiakan S3, terbentur aturan,” papar Sumaryanto seusai acara.

Menaggapi tertundanya gelar Guru Besar untuk Sumaryanto selama kurang lebih tujuh tahun, Sigit Nugroho, S.Or., M.Or., dosen satu jurusan dengan Sumaryanto, Pendidikan Keolahragaan dan Rekreasi (PKR) FIK merasa lebih termotivasi lagi untuk melaksanakan aktivitas kampusnya lebih baik lagi. “Dengan atau tanpa gelar, Sumaryanto membuktikan kapabilitasnya sebagai pengajar yang menurut saya luar biasa. Mobilitasnya terutama yang sebenarnya layak dijadikan contoh. Terlihat dari ia memaknai aktivitasnya sebagai olahraga yang penting untuk dilakukan setiap hari,” jelas Sigit.

Mengambil judul “Eksistensi Olahraga dalam Perspektif Filosofis dan Kebermaknaannya dalam Kehidupan”, Sumaryanto dalam pidato pengukuhannya sekaligus ingin mengajak seluruh masyarakat, terkhusus civitas akademika UNY untuk sadar dan paham akan pentingnya olahraga dalam kehidupan. “Pemasayarakatan dan pemassalan olahraga bertujuan untuk mendorong dan menggerakan masyarakat agar masyarakat lebih memahami dan menghayati langsung hakikat dan manfaat olahraga sebagai kebutuhan hidup,” ucap Sumaryanto.

Rapat Terbuka Senat Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes yang dipimpin langsung Ketua Senat UNY, Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum ini dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir dengan jamuan makan siang pada 13.00 WIB. (Irawan Sapto Ody)

Check Also

Untuk Kesekian Kali, AP I dan Aparat Kembali Berupaya Membersihkan Lahan

Ratusan aparat kepolisian kembali dikerahkan dalam kegiatan land clearing (pembersihan lahan) di Kecamatan Temon, Kulon …