Home » Berita » Lingkup Kampus » 65 Tahun Haul “Si Binatang Jalang”
Senin (28/9), penampilan Unstrat dalam Acara Haul Charil Anwar di Lab. Karawitan.

65 Tahun Haul “Si Binatang Jalang”

Senin (28/9), penampilan Unstrat dalam Acara Haul Charil Anwar di Lab. Karawitan.
Senin (28/9), penampilan Unstrat dalam Acara Haul Charil Anwar di Lab. Karawitan.

Keluarga Mahasiswa Sasra Indonesia (KMSI) UNY kembali menggelar Haul Chairil Anwar. Bertempat di Laboratorium Karawitan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), pada hari Senin (28/4). Haul ke-65 kali ini merupakan malam puncak dari serangkaian acara mengenang Chairil Anwar.

Sebelum malam puncak, KMSI juga mengadakan lomba baca puisi untuk tingkat SMA se-DIY. Lomba yang diikuti 30 peserta ini dilaksanakan pada tanggal 25 April. Para peserta memilih delapan judul puisi Chairil Anwar yang sudah ditentukan. Tiga besar pemenang lomba, berkesempatan tampil dalam malam puncak haul Chairil Anwar.

Selain menampilkan pemenang lomba, haul Chairil Anwar kali ini juga menghadirkan orasi budaya yang dilakukan oleh salah satu sastrawan Jogja, Kedung Darma Romansa. Penampilan juga dimeriahkan oleh Unit Studi Sastra dan Teater (Unstrat). Selain itu, dari KMSI sendiri juga menampilkan parade puisi dan musikalisasi puisi dari Chairil Anwar.

Menurut Kelik Purwono, karya Chairil Anwar perlu dikenang meskipun beliau sudah meninggal. Chairil Anwar merupakan salah satu sastrawan yang mempelopori puisi di Indonesia. “Dia salah satu dari 33 sastra yang berpanguruh di Indonesia. Ada anggapan, jika ingin belajar puisi, belajarlah puisi dari dia.” Ujar Kelik.

Faqihuddien Abi Utomo

Check Also

UNY Klarifikasi Surat Edaran Jadwal Masuk Perkuliahan

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa segera mengklarifikasi perihal surat edaran yang muncul dengan nomor 1020/UN34/TU/2018 tentang …