Home » Berita » Lingkup Kampus » Di Ultah, Miba Menghadirkan Tarian Sekar Puji Astuti

Di Ultah, Miba Menghadirkan Tarian Sekar Puji Astuti

Jumat (6/6), dua orang penari, sebelah kiri, Nurul Rahmawati dan sebelah kanan Marni sedang menarikan tarian Sekar Puji Astuti.
Jumat (6/6), dua orang penari, sebelah kiri, Nurul Rahmawati dan sebelah kanan Marni sedang menarikan tarian Sekar Puji Astuti. 

Jumat (6/6), Himpunan Mahasiswa (Hima) Ilmu Sejarah mengadakan acara syukuran ulang tahun (ultah) Hima ke-11 di depan Ruang Cut Nyak Dien, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY. Kelompok tari dari Divisi Minat dan Bakat (Miba) Hima Ilmu Sejarah menampilkan Tari Sekar Puji Astuti sebagai salah satu pembuka acara. “Kami memilih menarikan Tari Sekar Puji Atuti yaitu tarian kuno asli Yogyakarta, sebagai salah satu pembuka acara karena cukup mudah dan hanya berdurasi 6 menit 29 detik,” jelas Marni, salah satu penari dari kelompok tari, Miba Hima Ilmu Sejarah angkatan 2013.

Acara syukuran ulang tahun yang digelar di ruang terbuka ini lancar meski konsep yang diusung cukup sederhana. “Alhamdulillah acaranya berjalan lancar, meski agenda dan konsep acaranya sederhana, hanya menampilkan persembahan tarian, teater, dan akustik dari anggota Hima. Para tamu undangan dari universitas lain juga turut hadir memberikan selamat dan memeriahkan acara,” ungkap Rispa Alasfani selaku ketua acara syukuran ulang tahun Hima Ilmu Sejarah.

Hal serupa juga diungkapkan Nurul Rahmawati, salah satu kelompok tari dari Miba Hima Ilmu Sejarah angkatan 2013. Ia bersyukur bisa menarikan tarian ini dengan tuntas meski ada kendala di persiapan yang super minim yakni waktu latihan yang hanya dua minggu. Nurul juga menambahkan Divisi Miba tidak hanya menampung minat dan bakat anggota Hima Ilmu Sejarah, tapi juga menjadi salah satu wadah melestarikan salah satu budaya Indonesia.

“Tujuan dari Divisi Miba adalah mengasah dan menyalurkan bakat anak-anak Hima Ilmu Sejarah dalam seni seperti tari dan teater serta olah raga. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk acara-acara Hima seperti pada acara syukuran ini,” jelas Kurnia Yuliasih, ketua Divisi Miba yang akrab dipanggil Yuli. Yuli juga menambahkan bahwa kelompok tari merupakan salah satu sub divisi Miba yang diujung latihannya ada pentas tari seperti menampilkannya dalam acara syukuran ulang tahun Hima Ilmu Sejarah ke-11 ini.

Rizpat Anugrah

Berita yang sama

Pagelaran Ultah Hima Sejarah yang Sukses

Check Also

UNY Akan Datangkan Panglima TNI pada Ospek Mendatang

Gatot Nurmantyo. | nasional.kompas.com Sumaryanto, Wakil Rektor III UNY sekaligus penanggung jawab kegiatan ospek UNY, …