Home » Berita » Lingkup Kampus » AM UNY: Menuntut Institusi untuk Bersikap netral

AM UNY: Menuntut Institusi untuk Bersikap netral

Rabu(2/7), Sunaryanto dalam aksi aliansi mahasiswa UNY di tepi jalan Colombo
Rabu(2/7), Sunaryanto dalam aksi aliansi mahasiswa UNY di tepi jalan Colombo

Rabu (2/7), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sebagai salah satu institusi pendidikan di Yogyakarta menyatakan bahwa UNY tidak mendukung terhadap calon presiden RI dari pihak manapun dalam Pilpres 9 Juli 2014. Sumaryanto selaku Wakil Rektor III UNY menegaskan, “sikap lembaga kampus UNY dalam pemilu yang akan kita jalani 9 Juli besok adalah netral.”

Sikap netral yang ditegaskan tersebut dilpicu oleh tindakan aksi kampanye yang mengatasnamakan UNY (30/6), Bahkan Aliansi Mahasiswa UNY (AM UNY) mengadakan aksi di depan rektorat menuntut supaya seluruh civitas akademika UNY tidak mengadakan dukungan terhadap pihak manapun dalam Pilpres tahun ini dengan menggunakan almamater UNY. Berikut pernyataan-pernyataan yang disampaikan dalam aksi tersebut :

  1. Menolak agenda-agenda politik praktis semacam kampanye atau sejenisnya yang mengatasnamakan UNY, AM UNY, maupun organisasi-organisasi mahasiswa intra UNY.
  2. Mendesak Pihak Rektorat UNY untuk segera menyatakan sikap bahwa institusi pendidikan ini netral dalam pelaksanaan pilpres, baik secara tertulis maupun lisan.
  3. Mendesak pihak Rektorat UNY guna menindaklanjuti kasus-kasus politik kasus-kasus politik praktis yang mengatasnamakan atribut-atribut intra UNY.
  4. Mendesak pihak Rektorat UNY agar segera menindak tegas (membera sanksi) kepada sekelompok mahasiswa (orang) yang terlibat pada aksi 30 Juni  2014 di bundaran UGM dengan memakai atribut UNY, selambat-lambatnya seminggu sebelum pilpres.
  5. Menuntut sekelompok mahasiswa (orang) yang terlibat pada aksi 30 Juni 2014 agar mengadakan konferensi pers atau meminta maaf secara tertulis kepada seluruh organisasi mahasiswa intra UNY (HIMA, jajaran BEM, UKMF, dan UKM) selambat-lambatnya seminggu sebelum pilpres.
  6. Menyatakan bahwa Aliansi Mahasiswa UNY (AM UNY) bukanlah aliansi yang bertendensi pada politik praktis apapun. AM UNY adalah wadah pergerakan bagi mahasiswa UNY guna mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah serta mengadvokasi perjuangan rakyat.

Rinda Much Zakaria

Check Also

Tunjang Kuliah Kewirausahaan, FIP Adakan Lokakarya

Senin (20/11), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengadakan lokakarya simulasi kewirausahaan “ECONOSPHERE 2” yang bertempat di Auditorium UNY. Acara …