Home » Berita » Lingkup Jogja » Aksi Kreatif Aliansi Anak Bangsa

Aksi Kreatif Aliansi Anak Bangsa

Selasa (28/10), AAB menyalurkan aspirasi dengan bermain akustik pada peringatan Sumpah Pemuda di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta.
Selasa (28/10), AAB menyalurkan aspirasi dengan bermain akustik pada peringatan Sumpah Pemuda di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta.

Senin (28/10), sekelompok aktivis pergerakan yang tergabung di Aliansi Anak Bangsa menggelar aksi Sumpah Pemuda di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta. Aksi bertema “Pemuda Bergerak!” ini dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam aksi tersebut, masing-masing perwakilan organisasi pergerakan menyampaikan aspirasinya melalui orasi, teatrikal, akustik, dan pembacaan puisi. Kendi Fralinang, koordinator aliansi mengatakan bahwa bentuk aksi tersebut agar penyampaian aspirasi menjadi menarik bagi masyarakat. “Peringatan Sumpah Pemuda jadi damai aksinya, masyarakat pun tertarik dan jadi tahu apa yang ingin kita suarakan,” paparnya.

Nurul, mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan yang turut menyaksikan aksi tersebut menyatakan bahwa Aliansi Anak Bangsa mampu menghadirkan aksi kreatif. “Mereka sangat menarik, aksinya tak selalu berisi orasi-orasi melulu,” ujanya. Ia pun membandingkan dengan aksi dari Aliansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang saat itu juga sedang melakukan pembakaran ban bekas di lokasi tersebut. “Tidak pakai bakar-bakaran. Aliansi Anak Bangsa mampu mengubah stereotip negatif terhadap aksi,” puji Nurul.

Kendi menganggap bahwa peringatan Sumpah Pemuda perlu diwujudkan dalam aksi yang reflektif, kritis, dan tidak perlu membikin kerusuhan. “Ini aksi peringatan yang tanpa menganggu masyarakat pun kita bisa beraspirasi,” papar Kendi. “Semoga berikutnya banyak pemuda yang tertarik terhadap aksi semacam ini. Apalagi banyak aspirasi yang kita kawal bagi kaum muda,” harapnya. Aksi pun diakhiri dengan pembacaan Isi Sumpah Pemuda bersama seluruh massa aliansi.

Taufik Nurhidayat

Check Also

Gerbang Bintang Selatan Nyatakan Pro Bandara

Sejumlah massa yang mengatasnamakan dari organisasi masyarakat (ormas) Gerbang Bintang Selatan (GBS), sekitar pukul satu …