Home » Berita » Lingkup Jogja » Antara Sumpah Pemuda dengan Kebersamaan Suku Komering

Antara Sumpah Pemuda dengan Kebersamaan Suku Komering

Mengenai Sumpah Pemuda, bagi Pdt. Siswanto selaku  Perwakilan dari Majelis Gereja GKJ Gondokusuman memiliki pandangan tersendiri. Hal ini diutarakan dalam sambutan pada  acara “Jagongan Perdamaian” yang bertemakan; “Saatnya Kaum Muda Bersatu Menjaga Perdamaian Indonesia”di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gondokusuman Selasa malam (28/10). Sambut Sumpah Pemuda, APMD adakan Jagongan Perdamaian. Menurut Pdt. Siswanto ada tiga yang memiliki ikatan antara Sumpah Pemuda pada 1928 berkaitan dengan Kondisi sekarang. Ketiga ikatan itu adalah bertumpah darah, berbangsa dan berbahasa.

“Ketika memahami Sumpah Pemuda, sebetulnya kita memiliki 3 terikatan dari dulu sampai sekarang. Ketiga ikatan itu adalah bertumpah darah, berbangsa dan berbahasa. Maka kita yang hadir disini akhirinya memiliki suatu ikatan yang masih erat itu,” terang Pdt Siswanto. “Sebagai orang berasal dari Sumatera Selatan, terlebih suku Komering. Suku Komering memiliki budaya makan bersama yang memiliki arti kebersamaan dan persaudaraan. Maka nanti kita akan makan bersama-sama sebagai mempererat pesaudaraan yang telah ada ini,” tambah Pdt. Siswanto.

Dalam acara ini, Panitia sudah menyiapkan berberapa Tumpeng yang akan diberikan kepada peserta diskusi nanti dalam acara ramah tamah. Acara ramah tamah akan dilakukan setelah diskusi selesai.

Joseph Sebastian Nazareno Silaen

Check Also

Aliansi Mahasiswa Proklamasi Yogyakarta Menuntut Pencabutan Surat Drop Out

Massa Aliansi Mahasiswa Proklamasi (AMP) Yogyakarta di gedung DPRD DIY. | Sunardi/EKSPRESI Massa yang tergabung …