Home » Berita » Lingkup Kampus » Calon Menggugat, KPU FIK Minta Maaf

Calon Menggugat, KPU FIK Minta Maaf

Pemilwa di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY (FIK UNY) menimbulkan kekacauan. Fajar Setyo Pranyoto selaku calon ketua BEM FIK UNY 2015, mengatakan bahwa KPU FIK UNY merubah jadwal pendaftaran calon ketua dan wakil ketua BEM FIK UNY 2015 tanpa ada pemberitahauan atau sosialisasi terlebih dahulu. “Sebenarnya pendaftaran calon dilaksanakan pada tanggal 21-26 November 2014, tetapi ketika KPU merubah banner-nya menjadi tanggal 30 November 2014, mereka tidak memberi tahu saya dan tidak ada sosialisasi juga.”, terangnya ketika ditemui di Wisma Olahraga, Selasa (16/12) . Fajar juga menerangkan bahwa Panwaslu FIK seharusnya bertindak lebih adil. Menurutnya, Panwaslu FIK tidak dibenarkan jika mereka memihak  KPU. Seharusnya, mereka bisa bersikap netral.

Selasa (16/12), Fajar Setyo Pranyoto saat ditemui di Wismor

Fajar juga mengatakan bahwa, ketika KPU ditanya perihal alasan pasti terkait perubahan banner tersebut, mereka mengatakan karena ada Undang-Undang KPU FIK yang belum jadi. “Itu kan ironis sekali, ketika ditanya alasannya kenapa diundur, mereka malah bilang ada undang-undang yang belum jadi. Seharusnya, ketika KPU dibentuk, berarti Undang-Undang kan sudah jadi. Memang carut-marut sekali Pemilwa di sini.”, ungkapnya. Kemudian, Fajar ditemani wakilnya bersama tim sukses, mereka mengajukan banding ke KPU. Setelah beberapa kali  musyawarah, KPU mengakui kesalahannya dan mereka meminta maaf kepada semua masyarakat FIK dengan mendatangi setiap kelas yang ada. Hal ini dibenarkan oleh mahasiswi FIK, jurusan PJKR, bernama Reveriana Kurnia Putri. “Iya, benar, KPU meminta maaf di kelas-kelas karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.”, jelasnya(17/12).

Namun, dari pihak KPU sendiri ketika wartawan Retorika ingin mengulik lagi masalah di atas, Ketua KPU FIK menyampaikan bahwa ia masih sibuk dan bisa diwawancarai pada hari kamis. Sedangkan, ketika wartawan Retorika ingin mengonfirmasinya kembali, malah tidak ada jawaban darinya.

Ghozali Saputra

Check Also

UNY Akan Datangkan Panglima TNI pada Ospek Mendatang

Gatot Nurmantyo. | nasional.kompas.com Sumaryanto, Wakil Rektor III UNY sekaligus penanggung jawab kegiatan ospek UNY, …