Home » Berita » Ada “Sumpah Palsu” di Open House UKM

Ada “Sumpah Palsu” di Open House UKM

Ekspresionline.com – Rabu (29/04), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kamasetra menampilkan pertunjukan wayang yang dikolaborasikan dengan teater berjudul “Sumpah Palsu Abimanyu”. Pertunjukkan digelar untuk memeriahkan acara Open House UKM Student Center UNY yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi UKM UNY. Bertempat di Gedung SC lantai satu, open house  tahun ini mengusung tema “Menjadikan SC UNY Sebagai Rumah untuk Berkarya”.

DSC_0097
(29/04) Pewayangan berlakon Abimanyu ini mengisahkan pengkhianatan Abimanyu kepada Dewi Siti Sundari dengan menikahi Dewi Utari. Acara ini diselenggarakan di Student Center pada acara Open House UKM SC UNY. | Foto: Arci

Dalam Wayang Teater-nya, Kamasetra mengisahkan bagaimana seorang Ksatria Pandhawa mengkhianati istrinya di tengah perjalanan menuju peperangan. “Tadi adalah kisah Abimanyu, putra Arjuna yang berbohong kepada Dewi Siti Sundari yang saat itu adalah istrinya, bahwa saat jauh darinya (Sundari, –red.) Abimanyu jangan sampai berbohong tentang keadaannya,” ujar Muharram, pemeran Abimanyu.

Dalam Wayang Teater itu diceritakan Abimanyu bertemu Dewi Utari yang dinikahinya pada perjalanan menuju Perang Bharatayuda. Tragisnya di malam ketiga belas Perang Bharatayuda, Abimanyu terbunuh oleh panah dari pasukan Kurawa.”Karmalah yang menimpa Abimanyu, dia telah berjanji kepada Sundari tidak berpaling darinya tapi dia menghianatinya,” kata Dita pemeran Dewi Utari. “Makanya laki-laki jangan suka berkhianat nanti kena karmanya lho,” tambahnya.

Arfrian Rahmanta

Check Also

Darmaning Sang Kacanegara: Potret Pemimpin Bangsa

Darmaning Sang Kacanegara, sebuah repertoar yang dihadirkan oleh rekan-rekan Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa  Seni …