Home » Berita » BEM SI: Forum Rektor Harus Transparansikan UKT

BEM SI: Forum Rektor Harus Transparansikan UKT

bem si
Ilustrasi BEM SI.

Ekspresionline.com—Forum Rektor Indonesia harus dijadikan sebagai momentum tranparansi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sampai saat ini, mahasiswa dan orang tua tidak mengetahui tentang mekanisme penggolongan dalam UKT. Ketidaktepatsasaran penggolongan juga dianggap momok bagi biaya pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekarang. Koordinator Isu Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Doni Wahyu Prabowo mengemukakan hal tersebut dalam diskusi bersama Ketua BEM dari berbagai fakultas yang ada di UNY, Rabu (27/1), di Sekertariat BEM REMA UNY.

“Forum Rektor adalah momentum guna menyampaikan kondisi pendidikan di PTN,” ujar Doni. Menurut Doni, di Universitas Lampung (Unila) terdapat 58 mahasiswa tidak dapat melanjutkan studi karena kesalahan penggolongan. “Ketika kita tahu mekanisme penggolongan, kesalahan penggolongan bisa diminimalisir. Karena akan ada kontrol dari orang tua dan mahasiswa terhadap perguruan tinggi,” kata Doni sekaligus Presiden BEM UNS.

Kebijakan yang ada saat ini berupa Surat Edaran Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 97/E/KU/2013 tertanggal 5 Februari 2013. Kemudian diperbarui dengan surat edaran dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 01/M/SE/V/2015 tertanggal 20 Mei 2015 tentang Moratorium UKT untuk mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016. Menurut Doni, aturan saat ini sebatas pembagian golongan UKT, tidak menyebutkan mekanisme penentuan golongan tiap-tiap mahasiswa.

Prasetyo Wibowo

Check Also

Ziarah Budaya, Sewindu Haul Gus Dur Merayakan Toleransi

Ziarah Budaya untuk memperingati sewindu haul Gus Dur yang bertajuk “Menjadi Gus Dur Menjadi Indonesia” digelar di Auditorium Driyarkara, …