Home » Berita » Buka Layar: Sentuh Realitas Dekati Masyarakat

Buka Layar: Sentuh Realitas Dekati Masyarakat

Saat pementasan Buka Layar, di Pendopo Tedjo Kusuman
Saat pementasan “Buka Layar” di Stage Tari Tedjakusuma, FBS.

Unit Studi Sastra dan Teater (Unstrat) kembali menampilkan diri dalam jagad pementasan dengan format baru. Tiga penampilan sekaligus yang meliputi sastra, teater, dan sinematogragi menyatu dalam satu panggung. Film pendek berjudul Hitam, Putih membuka pentas ini, kemudian taeter berjudul Pelajaran Mengarang, dan diakhiri dengan teater berjudul Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi. Tajuk “Setipis Batas Putih dan Hitam” mewadahi serangkaian pementasan bertema “Buka Layar” yang berlangsung Sabtu (16/04) di Stage Tari Tedjakusuma, FBS. Rangkaian ini merupakan upaya perdana bagi anggota baru Unstrat untuk memulai proses belajar secara berkelanjutan.

Pengambilan ide pementasan diambil dari cerpen Seno Gumiro Adjidarma (SGA) yang merupakan karya realisme. Pemilihan tema berdasarkan kedekatan pengalaman antara pemain dan tema pementassan. Adelita Anindya menambahkan, “Ini sudah menjadi kesepakatan anggota baru, dan juga berdasarkan pengalaman bacaan.”

Pementasan Pelajaran Mengarang dan Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi mampu menyentuh realitas masyarakat. Seperti yang dituturkan Adelita, “Cerpen Pelajaran Mengarang cocok untuk kalangan kita yang notabene adalah pendidik.” Kecocokan tersebut dinilai dari segi kandungan sensitivitas dalam karya, seperti baris kalimat terakhir yang ditulis SGA, “Ibuku Pelacur”.

Sammy, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, mengaku selalu puas dengan penampilan Unstrat kerena setiap pementasannya tidak pernah mengecewakan. “Pembawaannya yang natural urban sangat cocok dan mengena. Kental dengan gambaran suasana rakyat masa kini,” akunya waktu diwawancara. Kalau soal kekurangan hanya di bagian power sound saja. “Ah, tapi itu biasa, soalnya tetap mengesankan,” tambahnya lagi sambil terkekeh.

Winna Wijayanti

Check Also

PKM Dibatasi, Ketua KMSI: Wujud Pembatasan Kesenian

Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FBS | Foto: fbs.uny.ac.id/printpdf/galeri Terhitung sejak tanggal 23 Februari 2017 pihak …