Home » Berita » Kepolisian Bubarkan Nonton Bareng Film di AJI

Kepolisian Bubarkan Nonton Bareng Film di AJI

Sigit Haryadi memaksa panitia membubarkan acara di nonton bareng dan diskusi film Pulau Buru Tanah Air Beta pada Selasa (3/5) di Kantor AJI Yogyakarta

Sigit Haryadi memaksa panitia membubarkan acara di nonton bareng dan diskusi film Pulau Buru Tanah Air Beta pada Selasa (3/5) di Kantor AJI Yogyakarta. Foto oleh Prima/EKSPRESI

Ekspresionline.com—Selasa (3/5), nonton bareng film Pulau Buru Tanah Air Beta yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen Yogyakarta (AJI Yogyakarta) di kantornya Pakel Baru, Umbulharjo, dibubarkan oleh kepolisian. “Bapak Kepala Polisi Daerah DIY memerintahkan kegiatan acara ini harus dibubarkan,” jelas Sigit Haryadi, Kepala Bagian Operasional Polresta Yogyakarta. Sebelum acara dimulai, Wahyu Dwi Nugroho, Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polresta Yogyakarta memberitahu bahwa ada sejumlah kelompok massa yang tidak setuju dengan pemutaran film tersebut.

Anang Zakaria, Ketua AJI Yogyakarta menjelaskan bahwa kepolisian sebelumnya meminta agar film diganti dengan film lainnya. Akan tetapi AJI Yogyakarta menolak  permintaan tersebut, karena inti acara peringatan Kebebasan Pers Internasional tersebut adalah kebebasan, “Jika diganti maka hilang kebebasan pers kita” jelas Anang.

Selain itu, AJI Yogyakarta juga didatangi massa dari Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI Polri (FKPPI) dan Forum Anti Komunis Indonesia (FAKI). Massa dari FKPPI DIY dan FAKI juga menuntut agar acara dibubarkan dan mengancam para peserta acara yang telah berkumpul di kantor AJI Yogyakarta. “Kawan-kawan tamu yang diundang, silakan pergi meninggalkan lokasi. Saya tidak bisa menjamin apa yang akan terjadi setelah ini,” seru Sigit menanggapi.

Di tengah kericuan itu, Ketua Rukun Tetangga  dan Lurah Pakel Baru menengahi perdebatan. Ketua RT meminta acara dibubarkan dengan alasan meski dimintai izin, ia tidak menerima penjelasan soal materi dan isi film.

Prima Abadi S.

Check Also

Aliansi Mahasiswa Proklamasi Yogyakarta Menuntut Pencabutan Surat Drop Out

Massa Aliansi Mahasiswa Proklamasi (AMP) Yogyakarta di gedung DPRD DIY. | Sunardi/EKSPRESI Massa yang tergabung …