Home » Berita » Belajar Kehidupan Lewat Bunt Theater

Belajar Kehidupan Lewat Bunt Theater

Pementasan Bunt Theater di Taman Budaya Yogyakarta, Kamis (12/5).

Pementasan Bunt Theater di Taman Budaya Yogyakarta, Kamis (12/5).

Ekspresionline.com—Kamis (12/05), mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2013 kelas B, mementaskan naskah Faust Perjanjian dengan Iblis karya Johann Wolfgang Von Goethe. “Drama ini menceritakan tentang kehidupan manusia yang kurang puas akan apa yang dimilikinya “ ungkap Mariana Mausaly, Pimpinan Proyek. Dengan nama kelompok teater Bunts Theater, pementasan diselengarakan di Taman Budaya Yogyakarta. Naskah yang disutradarai oleh Siti Hikoirian ini, merupakan salah satu karya terbaik di Jerman, menurut Mariana.

Mariana menjelaskan bahwa naskah ini memiliki pesan, ketika seseorang belajar tentang pengetahuan, tentu ia harus tahu ke mana ia akan membawa pengetahuan tersebut. Dan tidak menganggap bahwa yang ia pelajari akan membuat hidupnya sia-sia. Pesan tersebut disampaikan lewat tokoh utamanya, Faust. Ia justru tidak merasakan manfaat dari setiap ilmu pengetahuan yang dipelajari dan jalan yang ia pilih malah menyusahkannya.

Dalam cerita ini Faust tua yang terpelajar dan jenius masih kebingungan dengan arah hidupnya. Hal itu menyebabkan Faust terus-menerus mencari kebenaran jati diri. Suatu hari, Faust bertemu dengan Mephistopeles sang iblis jahat. Mereka akhirnya membuat perjanjian, Faust menjual jiwanya demi memperoleh kemudaannya kembali. Hal itu dilakukannya demi dapat menyerap sebanyak mungkin ilmu dan mendapatkan cinta si gadis lugu, Margharete.

“Terkhusus yang paling menarik dari naskah Faust adalah keberadaan Mephistopeles yang seakan-akan ingin menentang tuhan,” tambah Mariana. Adapun dalam pementasannya, Bunts Theater mengunakan bahasa Indonesia dengan dibumbuhi bahasa Jerman. Pementasan ini juga ditujukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Literatur 2.

Khusnul Khitam

Check Also

Aliansi Mahasiswa Proklamasi Yogyakarta Menuntut Pencabutan Surat Drop Out

Massa Aliansi Mahasiswa Proklamasi (AMP) Yogyakarta di gedung DPRD DIY. | Sunardi/EKSPRESI Massa yang tergabung …