Home » Berita » Aksi Hari Tani Tuntut Cabut UU Keistimewaan

Aksi Hari Tani Tuntut Cabut UU Keistimewaan

aksi-kopra-hari-tani-2016

Massa Aksi Hari Tani Nasional melakukan longmarch di sepanjang jalan Malioboro. Foto oleh Imam/EKSPRESI

Ekspresionline.com – Komite Perjuanganya Agraria (KOPRA) melakukan aksi turun ke jalan saat Hari Tani Nasional, Sabtu lalu (24/09). Dari Taman Parkir Abu Bakar Ali, massa aksi melakukan longmarch menuju Kantor DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kantor Gubernur DIY, depan Pasar Beringharjo, dan berakhir di Titik Nol. Ghofur yang menjadi koordinator aksi, menyatakan salah satu tuntutan yang dibawa adalah mencabut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (UUK DIY).

Iwan yang akrab disapa Pentol, massa aksi yang berasal dari Aliansi Rakyat Menolak Penggusuran (ARMP), membenarkan tuntutan tersebut. “UUK menjadi salah satu basis dasar legitimasi Sultan dalam melakukan perampasan tanah yang didiami oleh rakyat,” jelasnya.

Iwan menjelaskan, UUK DIY yang melegalkan kembali Sultan Ground /Pakualaman Ground (SG/PAG) bertentangan dengan berbagai macam produk hukum yang sudah ada. Khususnya aturan yang telah menjadi dasar pemberlakuan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) di Yogyakarta seperti Keppres No.33/1984 dan Perda DIY No.3/1984. (Baca juga Warga Parangkusumo: Ini Bukan Tanah Sultan, Tapi Tanah Rakyat). Ghofur juga menambahkan, “Pemerintah harus serius melaksanakan UU Pokok Agraria yang sejati.”

Iwan mengajak kepada masyarakat Yogyakarta membangun solidaritas terhadap korban penggusuran dan gerakan prodemokrasi untuk melakukan perlawanan terhadap perampasan tanah. “Ini hal yang mendesak. Masyarakat harus tahu akar permasalahan agraria di Yogyakarta itu bukan di mana-mana, tapi dalam UUK itu sendiri,” jelas Iwan. Aksi yang juga menjadi peringatan hari lahirnya UUPA ini, ujar Ghofur, juga menyerukan kepada masyarakat Yogyakarta untuk bersatu melawan perampasan tanah dengan dalih keistimewaan.

Imam Ghazali

Check Also

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat …