Home » Berita » BEM SI Ikut Aksi 4 November, Ini Kata Ketua BEM UNY

BEM SI Ikut Aksi 4 November, Ini Kata Ketua BEM UNY

bem siIlustrasi Bendera BEM SI. Dokumen Istimewa

Ekspresionline.com – Ketua BEM UNY, Zaky Mubarok Izzudin, membenarkan keikutsertaan BEM SI dalam Aksi 4 November yang digelar siang ini di Istana Negara, Jakarta. Zaky yang juga merupakan Koordinator Wilayah BEM SI Jateng-DIY mengatakan, “BEM SI mengajak seluruh mahasiswa untuk tetap menyuarakan apa yang jadi pendapatnya,” terang Zaky saat dihubungi Jumat siang (4/10).

Lebih lanjut, Zaky menjelaskan, “BEM SI aksi untuk menolak represivitas surat edaran Menristekdikti tentang larangan ikut aksi di tanggal 4 November.” Koordinator Pusat BEM SI, Bagus Tito Wibisono, melalui rilisan persnya mengatakan kalau surat tersebut telah menciderai prinsip demokrasi yang diatur dalam konstitusi negara. Surat yang dimaksud adalah surat edaran Dirjen Belmawa nomor 350/B/SE/2016 tentang himbauan terkait unjuk rasa 4 November 2016. Menurut Bagus, surat itu juga telah menciderai gerakan mahasiswa yang independen dengan berdasarkan gerakan moral intelektual.

surat-belmawa-menristekdikti

Surat edaran terkait unjuk rasa (04/11) oleh Kemenristekdikti. Dokumen Istimewa

Selain itu, BEM SI juga mengecam tindakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Menurut Bagus, tindakan Ahok telah menistakan agama Islam sebagai salah satu agama yang diakui konstitusi. “Presiden seharusnya bersikap bijak dan tegas, bukan justru menunjukkan sikap keberpihakan terhadap pelaku yang merusak prinsip ke-bhinneka-an, nasionalisme, dan stabilitas sosial,” ungkap Bagus.

Kendati demikian, Zaky menjelaskan BEM UNY belum bisa ikut bergabung dengan aksi di Istana Negara siang ini. Hal tersebut dikarenakan terdapat agenda lain yang sedang dilakukan BEM UNY pada hari ini. “Di kampus kita ada hal yang lebih urgen untuk diselesaikan,” jelas Zaky.

Muhammad Aziz Dharmawan

Check Also

Ziarah Budaya, Sewindu Haul Gus Dur Merayakan Toleransi

Ziarah Budaya untuk memperingati sewindu haul Gus Dur yang bertajuk “Menjadi Gus Dur Menjadi Indonesia” digelar di Auditorium Driyarkara, …