Home » Berita » Mahasiswa UGM Lakukan Aksi Peduli Rohingya

Mahasiswa UGM Lakukan Aksi Peduli Rohingya

img-20161202-wa0008Beberapa mahasiswa UGM, Jumat (2/12) membentangkan spanduk yang bertuliskan stop genosida saat lampu merah sebagai aksi peduli terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Foto oleh Yayan/ EKSPRESI

Ekspresionline.com – Sekitar tujuh puluh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan aksi di perempatan Gramedia, Jumat (2/12). Aksi yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini mengangkat isu tentang diskriminasi etnis Rohingya di Myanmar. “Aksi ini yang mengadakan BEM KM UGM, Unit Kerohanian Islam Jama’ah Shalahuddin, dan didukung oleh teman-teman Paguyuban Sosial Masyarakat UGM,” ujar Angga Lesmana selaku Menteri Sosial Masyarakat BEM KM UGM.

Angga menjelaskan bahwa aksi tersebut bertujuan untuk memberitahu masyarakat Yogya mengenai isu kemanusiaan, khususnya yang menimpa umat Islam di Myanmar. Aksi peduli Rohingya tersebut dimulai di Bundaran UGM, kemudian massa aksi berjalan ke arah selatan menuju perempatan Gramedia. “Setelah di perempatan Gramedia kita bagi menjadi tiga titik. Nanti di tiga titik tersebut kita bentangkan spanduk, orasi, sekaligus bagi-bagi slayer terkait isu Rohingya ini,” lanjut Angga.

Rizky Ananda, salah satu mahasiswa UGM yang ikut aksi mengajak masyarakat peduli mengenai isu kemanusiaan ini. “Saya pribadi mengajak masyarakat untuk sadar kalau saudara-saudara kita di sana itu dibantai habis-habisan,” ungkap Rizky.

Angga berharap dengan adanya aksi tersebut timbul rasa kepedulian di masyarakat. “Harapannya mulai dari diri sendiri itu timbul rasa kepedulian terhadap etnis Rohingya. Kemudian menular ke masyarakat Yogya hingga seluruh masyarakat Indonesia, sehingga ada hal kecil yang bisa kita lakukan untuk etnis Rohingya,” pungkas Angga.

MS. Fitriansyah

Check Also

Orasi Menolak Pabrik Semen

Jumat (20/03), Aksi Solidaritas untuk Warga Rembang menyikapi kesaksian dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Eko …