Home » Berita » Sutrisna Janji Tingkatkan UNY Menuju WCU

Sutrisna Janji Tingkatkan UNY Menuju WCU

Ketiga calon rektor berfoto bersama saat Rapat Paripurna Terbuka Senat pada Kamis (15/12). Dari kiri ke kanan: Sutrisna Wibawa, Haryanto, Djoko Pekik Irianto. Dok. Istimewa

Ekspresionline.com – Pemilihan Rektor (Pilrek) UNY pada Kamis (29/12) dimenangkan oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd. dengan perolehan 77 suara dari total 129 suara. Seperti yang telah Sutrisna paparkan pada Rapat Paripurna Terbuka Senat pada Kamis (15/12), Sutrisna punya keinginan untuk meningkatkan pengembangan UNY menuju World Class University (WCU). Sutrisna berjanji, salah satu program yang akan ia lakukan ialah meningatkan kegiatan Ormawa dan UKM. “Saya ingin menekankan PKM, penalaran, leadership, organisasi mahasiswa, dan enterpreneurship,” paparnya saat penyampaian visi dan misi pada Kamis (15/12). Selain itu, Sutrisna juga menekankan untuk peningkatan kualitas guru sesuai standar Masyarakat Ekonomi Asean agar dapat bersaing dengan tenaga pengajar dari luar negeri.

(Baca juga: Sutrisna Wibawa Terpilih Sebagai Rektor Baru UNY)

Dalam presentasinya tentang Grand Design Pengembangan UNY, Sutrisna menargetkan beberapa langkah besar yang perlu dicapai oleh UNY untuk menuju WCU dalam kurun waktu 2017-2021. Salah satunya pada tahun 2020, UNY sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan mampu memaksimalkan kerja sama internasional. “Untuk menuju ke WCU, kita harus melalui PTN-BH dahulu,” papar Sutrisna.

Selain itu, program utama yang dicanangkan untuk mencapai WCU ialah Teaching Industry. Program ini menekankan integrasi kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dan dinamika perkembangan teknologi dan industri. Dengan bekerjasama dengan industri, lulusan yang diharapkan dapat sesuai dengan kebutuhan industri. “Sifatnya sukarela dan program ini juga untuk mengatasi lulusan yang tidak tertampung di program PPG,” imbuhnya.

Khansa Nabila

Check Also

Solidaritas Aksi Kamisan untuk Korban Kekerasan Kulon Progo

Amnesty Internasional, Social Movement Institute (SMI), dan KontraS mengadakan aksi Kamisan yang dilakukan dengan berdiam …