Home » Berita » “Darah Juang”, Sumaryanto: Mengompori Maba saat Ospek

“Darah Juang”, Sumaryanto: Mengompori Maba saat Ospek

Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sumaryanto saat diwawancarai mengenai aturan peliputan Ospek, di GOR UNY, Sabtu (20/8). Dok. EKSPRESI

Lagu “Darah Juang” dinilai mengompori Mahasiswa Baru (Maba) bila dinyanyikan dalam Ospek. “Kemarin tidak bolehnya bukan karena tidak setuju lirik lagunya,” ujar Sumaryanto, Wakil Rektor III UNY, saat ditemui diruangnya, Jum’at (24/02). Bukan hanya lagu “Darah Juang” yang dilarang dinyanyiakan saat Ospek UNY 2016. Lagu ‘Buruh Tani’ dan ‘Risalah Mahasiswa’ juga dilarang, bahkan lagu ‘Buruh Tani’ sudah dilarang sejak Ospek UNY 2015. Pada Ospek UNY 2017 pun belum ada kejelasan boleh tidaknya lagu-lagu tersebut dinyanyikan.

Sumaryanto menambahkan, bahwa lagu tersebut tidak salah, hanya saja jika diputar di momen yang pas dan tempat. “Jadi dinyanyikan boleh, asalkan momennya ketika ada kapitalis yang sewena-wena menginjak rakyat kecil”, ujarnya.

Sementara, Dosen Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni sekaligus pencipta Hymne UNY, Dra. Heni Kusumawati, M.Pd. mengatakan bahwa lagu tersebut mengandung banyak tafsir dan kurang tepat jika masuk di kalangan akademisi. “Kalo saya sebagai orang musik membacanya secara syair kurang tepat aja kalo masuk lingkungan akademisi,” ujarnya saat ditemui diruangnya, Kamis (23/02).

Menanggapi pendapat dari Heni, Sumaryanto berpendapat bahwa lirik lagu tersebut baik semua. “Apik kabeh. Iya udah lha orang seni, kalau saya cocok, saya ngertinya lirik itu,” tanggapnya. Selain itu, Sumaryanto mengatakan bahwa lagu tersebut masih bisa dinyanyikan di UNY, asalkan tidak salah sasaran.

Sementara itu, Ahmad Agusti Wiguna, staf Sosial Politik BEM Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY, berpendapat bahwa lagu “Darah Juang” pantas dinyanyikan oleh kalangan mahasiswa. “Menurut saya pantas, mengingat tahun-tahun sejarah mahasiswa, waktu-waktu yang lampau lagu ‘Darah Juang’ itu dipergunakan sebagai penyemangati mahasiswa,” ujarnya saat ditemui di sekretariat BEM FIS (27/02). Ahmad menambahkan, di dalam lagu tersebut juga terselip rasa nasionalisme.

Sunardi

Check Also

Aliansi Mahasiswa Proklamasi Yogyakarta Menuntut Pencabutan Surat Drop Out

Massa Aliansi Mahasiswa Proklamasi (AMP) Yogyakarta di gedung DPRD DIY. | Sunardi/EKSPRESI Massa yang tergabung …