Home » Berita » Forum BEM DIY Lakukan Aksi Solidaritas Ibu Patmi

Forum BEM DIY Lakukan Aksi Solidaritas Ibu Patmi

Aksi solidaritas Forum BEM DIY | Munandhar/EKSPRESI

Forum BEM DIY melakukan aksi solidaritas untuk Ibu Patmi di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (26/03). “Aksi ini untuk memperingati meninggalnya Ibu Patmi, seorang pejuang yang getol monolak berdirinya pabrik semen di Kendeng,” terang Fattah selaku Koordinator Umum. Ibu Patmi adalah warga Kendeng yang melakukan aksi cor semen di depan Istana Kepresidenan. Kemudian meninggal karena serangan jantung pada Selasa (21/3), setelah sebelumnya dinyatakan baik-baik saja oleh dokter.

Aksi ini juga mengkritik pemerintah agar lebih mementingkan rakyat Kendeng daripada kepentingan perusahaaan. M. Adi, Wakil Presiden Mahasiswa UIN Suka, juga peserta aksi menilai kebijakan yang tidak prorakyat harus disikapi. “Melihat permasalahan agraria di Kendeng, harus kita sikapi. Jika tidak, perusahaan-perusahaan akan mengkikis kehidupan masyarakat,” ungkapnya. Adi juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat Kendeng sudah mulai disingkirkan dari desanya.

Forum BEM DIY juga mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk progresif menyuarakan aspirasi mengenai kebijakan yang tidak adil bagi rakyat. “Kita memang tidak mempunyai wewenang dalam parlemen dan pembuatan aturan, tapi punya hak untuk bersuara,” jelas Adi.

Dalam press release yang dikeluarkan Forum BEM DIY, mereka meminta kepada Presiden dan DPR RI untuk segera menyelesaikan permasalahan Pabrik Semen di Kendeng, Rembang dengan mendengarkan aspirasi rakyat, khususnya rakyat Kendeng, Rembang.

Yongky Munandhar

Check Also

Tunjang Kuliah Kewirausahaan, FIP Adakan Lokakarya

Senin (20/11), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengadakan lokakarya simulasi kewirausahaan “ECONOSPHERE 2” yang bertempat di Auditorium UNY. Acara …