Home » Berita » Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen Lakukan Aksi Peduli Kendeng

Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen Lakukan Aksi Peduli Kendeng

Empat relawan melakukan aksi mengecor kaki dengan semen dalam acara Doa dan Tahlil untuk Almarhumah Yu Patmi dan pejuang Kendeng di Bundaran UGM | Foto oleh: Singgih/EKSPRESI

Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen menggelar acara Tahlil dan Doa Lintas Iman untuk Almarhumah Yu Patmi dan Para Pejuang Kendeng di Bundaran UGM pada Kamis (30/3). “Ini merupakan aksi ketiga kami, kemarin di Tugu Yogyakarta dan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kita melakukan aksi penolakan terhadap kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,“ jelas Ahmad Fatin selaku panitia acara.

Acara ini dibuka dengan pertunjukan musik lalu dilanjutkan dengan aksi mengecor kaki dengan semen yang dilakukan oleh empat relawan. Restu Bagaskara, salah satu relawan yang dicor kakinya, mengatakan bahwa aksi ini memang sebagai bentuk solidaritas terhadap petani Kendeng. “Semoga para petani Kendeng diberi semangat sampai memenangkan tuntutannya,” tambahnya. Senada dengan Restu, Ahmad Fatin menambahkan bahwa makna dilakukan aksi pengecoran tersebut merupakan sikap peduli terhadap ibu-ibu di Kendeng.

Dalam press release, Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen menyatakan sikap penolakan terhadap segala bentuk kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen di Kendeng, menuntut Ganjar Pranowo segera mencabut ijin lingkungan baru tentang kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen di Kendeng, dan mendesak Presiden Joko Widodo untuk menjamin dan memastikan aparaturnya, dalam hal ini Ganjar Pranowo, untuk tidak bertindak sewenang-wenang dengan melawan putusan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap.

Dodok Putra Bangsa, warga Miliran yang ikut berorasi mengatakan bahwa aksi solidaritas Kendeng ini merupakan hal yang mendidik. “Harapan saya aksi semacam ini terjadi di mana-mana dan didengarkan oleh pemerintah agar pemerintah lebih memihak kepada rakyat, bukan korporasi,” imbuhnya.

Singgih Norma

Check Also

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat …