Home » Berita » PPLP-KP Serukan Tolak Bandara Internasional

PPLP-KP Serukan Tolak Bandara Internasional

Paguyuban Petani Lahan Pantai Kulon Progo mengarak hasil bumi, serukan konsisten tolak tambang, dan bandara internasional. Foto oleh: Imam/EKSPRESI

Paguyuban Petani Lahan Pantai Kulon Progo (PPLP-KP) menyatakan penolakannya terhadap pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). “Kami menyatakan sikap secara tegas menolak adanya pembangunan bandara internasional dan kota bandara,” teriak Widodo selaku Humas dalam orasi ulang tahun PPLP-KP yang kesebelas, Minggu (02/04) di desa Garongan, pesisir pantai selatan Kulon Progo.

Nurwiji, sebagai warga penolak bandara asal Temon menyatakan bahwa PPLP-KP juga akan terkena imbas dari pembangunan kota bandara. “Mereka telah lama menolak pembangunan bandara, jadi kita akan meneruskan perjuangan bersama,” tegas Nurwiji saat menerangkan bahwa PPLP-KP telah lama bersatu dengan warga penolak bandara.

Widodo menyebutkan bahwa pembangunan bandara dan kota bandara akan merampas ruang hidup masyarakat. Pembangunan kota bandara akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur penunjang bandara yang akan menggusur lahan-lahan pertanian. Dalam sebaran di hari perayaan PPLP-KP, Wong Tani: Saiki Jamane Nandur Perlawanan, disebutkan kota bandara akan mengancam kesejahteraan masyarakat karena merampas tanah rakyat dengan alasan kepentingan umum.

Masih dalam Wong Tani, pembangunan transportasi bandara akan memudahkan pembangunan industri tambang, pemiskinan dengan iming-iming pertumbuhan ekonomi, dan merusak gumuk pasir yang merupakan salah satu dari empat belas gumuk pasir pantai di dunia. Menurut Widodo, PPLP-KP sebagai penolak tambang pasir besi bersama warga penolak bandara akan terus menolak pembangunan yang tidak berpihak pada rakyat, “Kami masih mau makan dan memberi makan kehidupan,” tegasnya.

Imam Ghazali

Reporter: Ahmad Wijayanto

Check Also

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat …