Home » Berita » Ziarah Budaya: Ajang Mengajak Masyarakat Mengenal Konflik Agraria

Ziarah Budaya: Ajang Mengajak Masyarakat Mengenal Konflik Agraria

Rebellion Rose tampil di panggung Ziarah Budaya dan Peringatan 40 Hari Yu Patmi, Senin (24/4). Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.

Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen mengadakan acara Ziarah Budaya dan Peringatan 40 Hari Yu Patmi di UIN Sunan Kalijaga pada Senin (24/4). Acara ini diawali dengan serangkaian doa dan tahlil kemudian dilanjutkan oleh orasi dari Alissa Wahid dan Hairus Salim. Selain doa, tahlil, dan orasi turut pula mengundang para musisi yang memeriahkan acara. Himawan Kurniadi, selaku koordinator acara, mengatakan bahwa acara ini menjadi momen untuk mengajak masyarakat mengawal isu konflik agraria.

Kurniadi berharap isu konflik agraria seperti perampasan tanah, ruang hidup, dan sumber daya alam mendapatkan respon dari masyarakat agar ikut serta memperjuangkan bersama sebagai warga negara Indonesia. “Dengan adanya acara ini diharapkan dapat menarik masyarakat untuk bergabung dengan kampanye ini,” ungkap Kurniadi lebih lanjut.

Alissa Wahid memberikan respon positif yang menyatakan bahwa acara ini membantu masyarakat memahami situasi konflik di Kendeng. Alissa turut mengiyakan bahwa pemahaman konflik agraria di masyarakat sangat penting. Menurut pendapatnya, konflik agraria adalah konflik di mana rakyat menjadi korban akibat para penguasa lokal yang bersekongkol dengan para pemilik modal. “Karena hal tersebut rakyat tidak dapat menyetir kebijakan publik,” tambahnya.

Menanggapi perjuangan Yu Patmi, Alissa mengatakan bahwa beliau adalah bagian dari perjuangan panjang yang merefleksikan perjuangan Kendeng untuk mempertahankan kehidupan mereka. Perjuangan di Kendeng menjadi salah satu simbol perjuangan masyarakat di daerah-daerah konflik agraria. “Tidak semua korban konflik agraria berani bersuara,” lanjutnya. Ia berpesan bahwa pembangunan yang dilakukan pemerintah seharusnya pro terhadap rakyat. “Itu tidak adil, padahal Indonesia dibangun berlandaskan keadilan,” tegasnya.

Khansa Nabilah

Check Also

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat …