Home » Berita » KMSI UNY Merayakan Haul Chairil Anwar

KMSI UNY Merayakan Haul Chairil Anwar

Penampilan Sasmita pada acara Haul Chairil Anwar, Jumat (28/4). Foto oleh Bayu/EKSPRESI

Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) UNY merayakan Haul Chairil Anwar yang bertujuannya untuk mengapresiasi eksistensi dari karya-karya Chairil Anwar di Laboratorium Karawitan UNY pada Jumat (28/4).  Acara yang menjadi malam puncak haul Chairil Anwar tersebut sebelumnya diawali dengan lomba baca puisi untuk siswa SMA/SMK Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para finalis lomba baca puisi ditampilkan pada acara malam puncak. Selain dari finalis lomba, penampilan baca puisi juga dimeriahkan oleh perwakilan ormawa seluruh UNY. Acara juga diisi oleh penampilan lagu yang dibawakan oleh Sasmita dan Kopi Basi juga orasi yang disampaikan oleh Katrin Bandel, salah satu Dosen Universitas Sanata Dharma sekaligus kritikus.

“Tema acara seperti yang disampaikan pada orasi budaya oleh Kak Katrin, yaitu kebertahanan puisi-puisi Chairil Anwar. Alasan di balik puisi-puisi Chairil Anwar masih tetap dirayakan dan dinikmati hingga sekarang,” terang Ikhsan Abdul Hakim selaku ketua panitia ketika ditanya terkait alasan penentuan tema. “Jadi menekankan bahwa Chairil adalah penyair kondang yang karyanya tahan lama tetapi mati muda,” tambahnya.

Konsep acara malam haul adalah pembacaan puisi serta pelantunan lagu yang didukung dengan tarian yang ditampilkan dengan bentuk siluet. Rangkaian acara yang dimulai pukul 19.30 hingga pukul 22.30 tersebut kemudian ditutup dengan lagu “Sepasang Kekasih yang Bercinta di Luar Angkasa” yang dibawakan oleh Sasmita dengan iringan gamelan.

Bayu Hendrawati

Check Also

Aksi Tolak Reklamasi Tidak Ditanggapi

Aksi Tolak Reklamasi yang dilakukan oleh Aliansi BEM SI wilayah Jabodetabek dan Banten tidak mendapatkan …