Home » Berita » KMPP Yogyakarta Luncurkan Taman Baca Rakjat

KMPP Yogyakarta Luncurkan Taman Baca Rakjat

Pembukaan Taman Baca Rakjat. Foto oleh Yohan.

Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati (KMPP) Yogyakarta menggelar acara “Launching Taman Baca Rakjat dan Tanam Pohon” pada Selasa (25/7) di Omah Sonokeling, Gadudero, Sukolilo, Pati. Acara tersebut merupakan program kerja KMPP Yogyakarta yang bertujuan untuk membangun ruang literasi khususnya di daerah Pati Selatan.

“Taman baca ini sebenarnya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan menciptakan kesadaran akan ilmu pengetahuan,” tutur Yohan Saputro selaku ketua panitia taman baca. Abdul Aziz, selaku ketua KMPP Yogyakarta mengungkapkan bahwa ide taman baca tercetus saat ia menjabat sebagai ketua KMPP Yogyakarta.

“Awalnya, ada yang mendukung, ada juga yang nggak peduli,” ungkap Aziz. Namun, Aziz dkk. tetap yakin untuk mewujudkan taman baca tersebut. Acara diisi dengan diskusi dan tukar pikiran antara mahasiswa dan pemuda setempat. “Tadi juga ada tanam pohon bersama,” kata Yohan.

Untuk donasi buku, lanjut Yohan, merupakan sumbangan dari kawan-kawan KMPP. “Untuk dana kita mandiri. Semua mengandalkan usaha dan sumbangan dari alumni,” ungkap Yohan. Pada acara tersebut KMPP Yogyakarta berhasil mengumpulkan 11 kardus buku. “Buku-buku tersebut ada filsafat, alam, novel, agama, dan buku anak,” ungkap Aziz.

Dengan adanya taman baca, tambah Aziz, harapannya masyarakat jadi gemar membaca dan menjadikan ruang edukasi untuk semua lapisan masyarakat.Yohan juga berharap dengan adanya taman baca ini menjadi sarana belajar antara mahasiswa dan masyarakat. “Kedepannya harus ada pengembangan taman baca ini,” pungkas Yohan.

M.S Fitriansyah

Check Also

KMP Education Research Conference Buka Pekan Raya KMP 2017

Senin (13/11), suasana ketika KMP Education Research Conference berlangsung. Foto dokumen KMP. foto oleh Danang/EKSPRESI …