Home » Foto » Bocah Kudu Dolanan di Festival Tlatah Bocah Ke-XI

Bocah Kudu Dolanan di Festival Tlatah Bocah Ke-XI

Festival Tlatah Bocah ke-XI diadakan di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulya, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang pada 9-10 September 2017. Festival tersebut sebagai bentuk media kampanye hak anak, keberagaman, toleransi dan kearifan lokal. Untuk tahun ini, Festival Tlatah Bocah mengangkat tema Tepa Saliro. Tema tersebut diambil untuk menanamkan nilai toleransi dan gotong royong kepada anak-anak. Selain itu, dalam acara tersebut juga mengajarkan anak-anak untuk lebih mencintai lingkungan.

Sikap cinta lingkungan direpresentasikan dengan cara mengolah sampah dan membuatnya menjadi dekorasi acara. Berbagai macam kesenian ditampilkan di Festival Tlatah Bocah, seperti wayang orang, jatilan, jaran kepang, dan masih banyak lagi. Selain menampilkan berbagai kesenian, beberapa kegiatan lain seperti orasi budaya, lokakarya, pameran dan perekaman KTP-el secara massal juga turut meramaikan festival.

Ahmad Wijayanto

Next Prev
Kepala Kecamatan Dukun melakukan penyiraman pohon bodhi untuk membuka Festival Tlatah Bocah ke-XI. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Pertunjukan tari bertajuk Kubro Siswo oleh kelompok Remaja Muda Dusun Sengi, Kecamatan Dukun, Magelang. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Seorang anak membuang sampah ke dalam botol bekas yang sudah dihias oleh panitia. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Kesenian campur ditampilkan oleh anak-anak dari SD Kanisius Sumber. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Salah satu penonton mengabadikan penampilan kesenian jatilan. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Seorang penampil kesenian soreng sedang membenahi riasan sebelum tampil di Festival Tlatah Bocah ke-XI. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Warga dari dusun Ngandong sedang menikmati kesenian seni tradisi yang ditampilkan. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Penampilan wayang bocah oleh Padepokan Seni Tjipto Boedaja. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Padepokan Seni Tjipto Boedaja menampilkan kesenian wayang bocah dengan lakon Begawan Ciptonin. Foto oleh Ahmad/EKSPRESI.
Next Prev

Check Also

Indigenous Arts: Land Rights Now!

Selangor International Indigenous Arts Festival (SIIAF) 2017 diadakan pada 5-6 Agustus 2017 di Taman Botani …