Home » Berita » UKM Sicma Luncurkan Album Kompilasi

UKM Sicma Luncurkan Album Kompilasi

Poster peluncuran album UKM Sicma. Foto diambil dari instagram.com/mmtcradiojogja

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) musik Sicma meluncurkan album kompilasi bertajuk “An Opus” pada Kamis (14/9) di parkiran Plaza UNY. Acara ini bertujuan mengenalkan UKM Sicma kepada mahasiswa baru sekaligus meluncurkan album yang mewadahi karya-karya anggota Sicma.

Album “An Opus” sendiri berisi lagu ciptaan sendiri dari 9 band yang digawangi oleh anggota aktif Sicma angkatan 2014-2016. Album ini merupakan inisiatif pengurus Sicma tahun ini.

“Dari tahun ke tahun di UKM Sicma, kita cuma ngeband dan bikin acara. Jadi kita mencoba membuat album.” papar Yaqub Firmansyah Arief, ketua UKM Sicma, ketika ditemui di penghujung acara. Yaqub menambahkan jika album kompilasi kali ini murni digarap anggota Sicma.

“Sebenarnya kita dulu sudah pernah membuat album kompilasi. Tapi itu mixing, mastering, editing, sama pembuatannya itu di luar. Tapi ini kita buat di studio Sicma sendiri. Jadi album kompilasi ini murni dari anak-anak Sicma, yang mengedit, yang merekam, dan sebagainya.” lanjut Yaqub.

Nama “An Opus” berasal dari istilah dalam seni musik yang berarti sebuah bagian. Nama ini dipilih oleh pihak manajemen band dan merupakan singkatan dari “Overcome and Pass Your Struggle”.

“Maksudnya, kalau kita berkarya tidak manut aturan. Aturan itu porsi-porsi. Kalau kita berkarya, seringkali kita melihat porsi. Misal, kalau porsinya tuh segini kita nggak bisa ke sana, itu kita hiraukan dulu. Kita berkarya bebas dulu. Kita menentukan porsinya setelah kita mendapatkan hasil.” terang Yaqub ketika ditanya alasan penjudulan album.

Selain dijual sewaktu acara, album ini akan dibagikan kepada calon anggota baru UKM Sicma, alumni, birokrasi, partner, dan UKM lain. Rencananya album ini pun akan diunggah ke internet.

Setelah rilis album, Yaqub berharap band-band lebih aktif dan berkontribusi di Sicma. “Mereka juga bisa lebih matang lagi persiapannya, karena sudah punya album, gitu kan kasarannya. Harapannya lebih baik lagi, lebih tenanan lah kasarane.” tandas Yaqub.

Acara peluncuran diisi penampilan dari band-band yang tergabung dalam album kompilasi. Turut hadir pula UKM Safel, Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa Musik Yogyakarta (FK UKMMY), dan Konstelasi—band alumni Sicma yang memeriahkan acara.

Acara berlangsung meriah meski sempat terhambat oleh gangguan teknis. “Itu nggak bisa diduga. Tadi ada kesalahan teknis. Kalau buat acaranya sih sebenarnya lumayan lancar. Mungkin agak molor sedikit, tapi untuk kesalahan teknis tadi yang tidak terduga.” ungkap Anisa Bella Setiawardhani selaku ketua panitia.

Ikhsan Abdul Hakim

Check Also

Wakil Rektor III: Tidak Ada BEM, Tidak Masalah

Sumaryanto, Wakil Rektor III (WR III) Universitas Negeri Yogyakarta mengatakan garis antara Badan Eksekutif Mahasiswa …