Home » Berita » Menwa UNY Gelar Nobar Film G 30 S PKI

Menwa UNY Gelar Nobar Film G 30 S PKI

Pengunjung menyaksikan film G 30 S PKI di Balai Karangmalang. Foto oleh Khansa/EKSPRESI.

Resimen Mahasiswa (Menwa) Pasopati UNY bekerja sama dengan Padukuhan Karangmalang mengadakan acara menonton bareng (nobar) film G 30 S PKI di Balai Karangmalang, Sabtu malam (30/09).

Nobar film berjudul lengkap Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Menwa yang akan berlangsung pada 17 Oktober mendatang.

Kegiatan ini ditujukan agar kita bersama-sama mengingat sejarah yang pernah terjadi pada 1965,” kata Ayu Puspita Sari, komandan Satuan Tugas HUT Menwa Pasopati UNY.

Ayu menambahkan, pemutaran film karya sutradara Arifin C. Noer ini juga bertujuan agar peristiwa pengkhianatan tidak terulang kembali. Sebab, menurutnya, peristiwa tersebut dapat memecah persatuan dan pertahanan negara.

Sudarman, dukuh Karangmalang, mengatakan, warga cukup antusias mengikuti nobar film yang dirilis perdana pada 1984 ini. “Kami menginginkan nasionalisme generasi muda kembali timbul,” lanjutnya.

Menurutnya, nasionalisme generasi muda kini sudah mulai luntur. Untuk alasan itu, ia bekerja sama dengan Menwa UNY menggelar nobar film ini. “Kalau sudah mendengar kata pengkhianatan, orang-orang pasti akan bersatu, apalagi yang sifatnya nasional,” katanya.

Tanggapan yang positif ditunjukkan salah satu pengunjung nobar, Dwi Lestari, mahasiswa Program Studi Pendidikan Kriya UNY. “Saya ingin menambah wawasan mengenai peristiwa G30S,” ujar Dwi ketika ditanyai alasannya mengikuti nobar ini.

Mu’arifah

Reporter: Khansa Nabilah

Editor: Putra Ramadan

Check Also

Solidaritas Aksi Kamisan untuk Korban Kekerasan Kulon Progo

Amnesty Internasional, Social Movement Institute (SMI), dan KontraS mengadakan aksi Kamisan yang dilakukan dengan berdiam …