Home » Berita » Sambut Hari Kesaktian Pancasila, UNY Gelar Nobar Film G 30 S PKI

Sambut Hari Kesaktian Pancasila, UNY Gelar Nobar Film G 30 S PKI

Suasana ketika diskusi tentang film G 30 S PKI di Ruang Sinema MPI. Foto oleh Sunardi/EKSPRESI.

Sabtu (30/9), Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan acara Diskusi Pendidikan Kebangsaan Menyongsong Hari Kesaktian Pancasila. Acara yang mengusung tema “Memahami Sejarah Bangsa untuk Mendidik Generasi Muda” tersebut sekaligus nonton bareng film G 30 S PKI yang diadakan di Ruang Sinema MPI.

Selepas menonton film, acara dilanjutkan dengan diskusi oleh Danang Pradana, Ketua UKKI UNY; Samsuri, dosen Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, dan Sardiman, Kepala MPI sekaligus dosen Pendidikan Sejarah.

Perihal acara, Sumaryanto, Wakil Rektor III, tidak banyak menanggapi setelah diskusi selesai. Ia mengatakan jika dari diskusi tersebut harus diambil sisi positifnya. “Supaya kita dapat tahu sejarah,” ujarnya.

Salah satu peserta diskusi, Eni Kurniawati, mengatakan dengan menonton film G 30 S PKI ia lebih mengetahui tentang film tersebut secara lebih detail. “Sekarang ini musuh kita bukan hanya PKI, tetapi kita tidak bisa mengendalikan diri sendiri terhadap perkembangan zaman,” tambahnya.

Sementara itu, Danang mengatakan bahwa terlepas dari kontroversi film tersebut, ada beberapa hal yang jika dilihat dari sudut pandang sejarah sebenarnya kurang sahih.

Karena ini momennya yang terdekat adalah hari kesaktian Pancasila, yang lagi ngetren film G 30 S PKI, ya silakan saja,” ujar Danang.

Sunardi

Editor: Danang Suryo.

Check Also

Solidaritas Aksi Kamisan untuk Korban Kekerasan Kulon Progo

Amnesty Internasional, Social Movement Institute (SMI), dan KontraS mengadakan aksi Kamisan yang dilakukan dengan berdiam …