Home » Berita » Warga Penolak Bandara Protes Lahan Dirusak

Warga Penolak Bandara Protes Lahan Dirusak

Lahan warga yang dirusak. Foto oleh Imam/EKSPRESI

Senin (02/10), lahan salah satu warga penolak New Yogyakarta International Airport (NYIA) telah dirusak. Mengetahui hal tersebut, warga Paguyuban Warga Penolak Penggurusan – Kulon Progo (PWPP-KP) mengadakan rapat mendadak.

“Saya nggak tau itu (perusakan, red) satu atau dua hari sebelumnya. Saya baru dikasih tahu dan tanamannya sudah rusak semua,” ujar Sofyan Sauri selaku pemuka agama pada Selasa (03/10), di Kecamatan Temon, Kulon Progo.

Warga PWPP-KP mendatangi pihak PT. Pembangunan Perumahan (PT. PP) atas perusakan tersebut. Sofyan menyatakan bahwa pihak PT. PP meminta maaf atas kesalahan tersebut dan berjanji akan bertanggungjawab.

“Tapi kami selaku warga nggak mau diperlukan seperti itu. Karena kami menolak, mosok kok tanpa pemberitahuan apa-apa, langsung digaruk begitu saja,” tegas Sofyan.

Pihak PT.PP ujar Sofyan, mengakui bahwa gambar peta petunjuk tersebut salah dan menyatakan bahwa gambar peta untuk pembuatan jalan proyek bandara diberikan oleh atasannya.

“Mungkin dari pihak Angkasa Pura I atau dari siapa, yang jelas mereka (PT. PP, –red) dikasih gambar peta dan katanya lahan situ sudah bebas semua,” jelas Sofyan yang menyatakan bahwa pekerja PT. PP dibohongi oleh atasannya.

Warga menyatakan untuk tidak semena-mena terhadap para penolak bandara NYIA.

“Kami tetap menjaga lahan kami dengan cara kami, yaitu dengan cara berjaga dan menanam di lahan kami,” tegas Sofyan ketika ditemui reporter EKSPRESI di lahan pertanian penolak bandara.

Imam Ghazali

Editor: Danang Suryo

Check Also

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat …