Home » Berita » HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

HUT ke-25, UKMP Luncurkan Jurnal Penelitian

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian meluncurkan jurnal bertepatan dengan ulang tahun ke-25 di Foodcourt UNY, Jumat (20/10). Foto oleh Yasin.

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) meluncurkan jurnal yang berisi gagasan dan penelitian mahasiswa di Foodcourt UNY, Jum’at (20/10). Handy Riantana, ketua UKMP mengatakan, jurnal ini merupakan produk pertama UKMP. Jurnal ini, lanjutnya, memuat karya sembilan pemenang  kompetisi UNYSEF 2017 dari 250 peserta.

“Selama 25 tahun (usia UKMP –Red), baru sekarang punya jurnal. Jadi, ini hadiah ulang tahun UKMP yang ke-25,” ujar Handy disela-sela acara peluncuran jurnal sekaligus perayaan ulang tahun UKMP ke-25.

Menurut Handy, proses penggarapan jurnal dimulai dari Februari hingga Oktober, baik dari sistem website hingga mengurus ISSN ke LIPI. Adapun isi jurnal tersebut, merupakan gagasan dan penelitian mahasiswa.

“Saya sebagai ketua UKMP sejak awal ingin menerbitkan jurnal. Oktober sudah di-acc ISSN dan ke Journal Sistem. Jadi ya alhamdulillah,” kata Handy bersyukur.

Handy menuturkan jika jurnal ini akan diterbitkan dalam bentuk cetak dan elektronik. “Versi cetak terbatas ke UKM universitas dan hanya simbolik saja. Kami lebih menyebarkan lewat link. Lebih hemat dan paper less,” imbuhnya.

Untuk sementara, jurnal UKMP terbit dua kali. Pertama, jurnal karya peserta UNYSEF dari seluruh universitas di Indonesia. Kedua, merupakan jurnal karya mahasiswa UNY peserta Research Competition. “Jadi kita ada Research Competition. Mereka mengajukan proposal, kami danai penelitiannya. Output-nya kami publikasikan artikel ilmiahnya ke jurnal,” tambah Handy.

Irmawati, wakil ketua UKMP sekaligus ketua panitia acara, menjelaskan ada lima agenda dalam rangka HUT UKMP. Kelima agenda tersebut terdiri dari senam, galang dana untuk Rohingya, talk show, UKM Camp, dan malam puncak HUT UKMP. “Semoga UKMP dalam usia ke-25 tetap berprestasi. Penelitiannya lebih ditingkatkan lagi,” pungks Handy.

Ahmad Yasin

Reporter: Mu’arifah

Editor: Yayan

Check Also

Tunjang Kuliah Kewirausahaan, FIP Adakan Lokakarya

Senin (20/11), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengadakan lokakarya simulasi kewirausahaan “ECONOSPHERE 2” yang bertempat di Auditorium UNY. Acara …