Home » Berita » Madawirna Sambut Tim Ekspedisi Dharma UNY Nusantara 2017

Madawirna Sambut Tim Ekspedisi Dharma UNY Nusantara 2017

Tim Ekspedisi Dharma UNY Nusantara melakukan sesi foto bersama selepas prosesi penyambutan secara simbolis, Rabu (25/10). Foto oleh Khansa/EKSPRESI.

UKM Madawirna melangsungkan penyambutan tim Ekspedisi Dharma UNY Nusantara 2017 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY pada Rabu (25/10). Penyambutan ditandai secara simbolis dengan penyerahan bendera UNY oleh perwakilan tim ekspedisi kepada Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I, Margana.

Dengan izin Bapak dan Ibu, kami ucapkan Alhamdulillahirobbilalamin. Keenam mahasiswa tim Ekspedisi Dharma UNY Nusantara 2017 saya nyatakan diterima kembali untuk bergabung bersama UNY,” ucap Margana. Sebelumnya, tim ekspedisi bertolak ke Kampung Kwatisore, Distrik Yaur, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua sejak bulan Juli.

(Baca juga:UKM Madawirna Akan Bertolak ke Papua)

Tim ekspedisi melakukan pengabdian kepada masyarakat Papua selama dua bulan setengah dan kembali pada bulan Oktober. “Kegiatan kami meliputi beberapa hal. Pertama di bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar diadakan di SD YPK Kwatisore diikuti oleh 30-40 siswa aktif. Kedua, kegiatan belajar mengajar di SMP N 2 Yaur diikuti oleh 5-10 siswa,” tutur Freggiyanto, perwakilan tim, membacakan laporan kegiatan tim ekspedisi kepada Wakil Rektor I.

Kegiatan lain yang dilakukan oleh tim ekspedisi terbagi dalam tiga bidang. Bidang penelitian melakukan pemetaan permasalahan pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Bidang pemberdayaan melakukan pengadaan kelompok belajar, mendirikan pojok baca, pembuatan jalur evakuasi bencana tsunami dan pelatihan masak. Bidang pendakian menuju Puncak Cartenz dan Puncak Soekarno.

Mengenai laporan tim ekspedisi, Margana menuturkan, “Tentunya hal ini perlu kita apresiasi bersama. Enam orang yang mampu ke sana melakukan Ekspedisi Dharma UNY Nusantara 2017 ini menjadi suatu prestasi yang patut kita banggakan.” Margana berharap semoga kegiatan tim ekspedisi tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa khususnya UKM Madawirna yang akan melaksanakan Ekspedisi Dharma UNY Nusantara.

Khusnul Khitam

Editor: Danang S

Check Also

KMP Education Research Conference Buka Pekan Raya KMP 2017

Senin (13/11), suasana ketika KMP Education Research Conference berlangsung. Foto dokumen KMP. foto oleh Danang/EKSPRESI …