Home » Berita » Peringati Bulan Bahasa, KMSI Parade Baca Puisi

Peringati Bulan Bahasa, KMSI Parade Baca Puisi

Anggota KMSI berkumpul di PKM FBS sebelum memulai parade pada Jumat (27/10). | dokumentasi KMSI.

Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) UNY berparade keliling UNY membacakan puisi pada Jumat (27/10). Parade tersebut merupakan kegiatan awal dari serangkaian acara KMSI untuk memperingati Bulan Bahasa. Untuk memperingati Bulan Bahasa itu kita dari Sastra Indonesia di lingkupnya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) masa nggak ada embel-embel untuk memperingati Bulan Bahasa.” tutur Rizky Wahyu, Kepala Suku KMSI, ketika ditemui di sekretariat KMSI.

Parade baca puisi keliling UNY ini juga menjadi ajang mengenalkan karya sastra. “Kami membacakan puisi, kami memperkenalkan karya sastra. Dengan bahasa-bahasanya, beragam maknanya.” ungkap Rizky.

KMSI memulai parade dari PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) FBS. Dari sana, mereka berkeliling ke fakultas-fakultas di UNY, kecuali FIK karena waktu tidak mencukupi. Dalam parade, para anggota KMSI bergantian membaca puisi karya-karya sastrawan Indonesia.

Rizky membacakan puisi “Ucapkan Kata-katamu” karya penyair Wiji Thukul. Rizky mempunyai alasan tersendiri dalam memilih puisi tersebut. “Ya karena ini saja sih, saya tadi sedikit berpikir, kita nggak harus diam saja men, jika kita ada yang mengganjal di hati dan pikiran ya ucapkan saja nggak usah disembunyi-sembunyikan gitu lho. Nah, kita kalau kayak gitu malah sering tertindas. Kita kalau ada masalah apa diam saja, malah kita ditindas. Makanya kalau ada apa-apa itu ungkapkan saja dengan lantang.” terang Rizky.

Parade diakhiri di Pendopo Tejokusumo FBS dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh Arief Rahmanto, anggota KMSI. Selain itu, dalam parade, KMSI juga mengumumkan lanjutan rangkaian acara Bulan Bahasa, yaitu bedah karya yang akan berlangsung pada tanggal 30 & 31 Oktober 2017 di Pendopo Tejokusumo FBS.

Acara tersebut berisi pembedahan karya-karya mahasiswa aktif dan alumni Sastra Indonesia. Buku yang dibedah dalam acara tersebut antara lain dua antologi puisi, Pertanyaan-Pertanyaan tentang Dunia karya Mutia Sukma, dan Kavaleri Malam Hari, antologi bersama terbitan Penerbit Quark; dua novel, Melipat Agustus karya Muhammad Qadhafi dan Telembuk karya Kedung Darma Romansa.

Ikhsan Abdul Hakim

Editor: Danang S

Check Also

KMP Education Research Conference Buka Pekan Raya KMP 2017

Senin (13/11), suasana ketika KMP Education Research Conference berlangsung. Foto dokumen KMP. foto oleh Danang/EKSPRESI …