Home » Berita » Tunjang Kuliah Kewirausahaan, FIP Adakan Lokakarya

Tunjang Kuliah Kewirausahaan, FIP Adakan Lokakarya

Suasana ketika lokakarya berlangsung. Haris/EKSPRESI,

Senin (20/11), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengadakan lokakarya simulasi kewirausahaan “ECONOSPHERE 2” yang bertempat di Auditorium UNY. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester tiga yang berasal dari semua program studi. Kegiatan ini disambut langsung oleh Dekan FIP, Haryanto dan dibuka oleh Rahmat Hidayat sebagai narasumber.

Piter Sonmarsondang, salah satu trainer acara terebut menjelaskan bagaimana mekanisme acara tersebut berlangsung, ”Gambaran umumnya itu, peserta diberi fasilitas dengan pasar investasi, bank, dan pasar eksternal, di mana mereka dapat merasakan bagaimana berwirausaha, bertahan hidup dengan diberi uang lima belas juta untuk hidup dua tahun,” tutur Piter.

Suwarjo, selaku Wakil Dekan I FIP mengatakan acara ini sebagai rangkaian untuk penunjang mata kuliah kewirausahaan, “FIP ingin menjadikan mata kuliah kewirausahaan berkesan dan memberi warna dan tumbuhnya jiwa kewirausahan, di mana menjadi wirausahawan tidak mesti berdagang, paling tidak ada spirit ada usaha bahwa hidup itu perlu diperjuangkan, kita stimulasi menggunakan kegiatan simulasi ini,” tuturnya ketika diwawancara di kantornya. Terkait untuk acara yang mewajibkan atau tidaknya bagi seluruh mahasiswa FIP semester tiga beliau menjawab, “Ya karena nanti ada yang mengambil mata kuliah kewirausahan di semester empat dan sekarang semester tiga sehingga kalo hanya sekarang nanti yang semester besok  penyelenggaranya repot lagi,’’ kata Suwarjo.

Gita Nurmala Sari salah satu peserta memberikan komentar terkait acara ini “Excited sih dengan acara seperti ini, dari sini saya belajar memanajemen antara uang dalam jangka waktu yang lama,” ujar mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini ini.

Haris Dwi

Editor: Danang S

Check Also

Solidaritas Aksi Kamisan untuk Korban Kekerasan Kulon Progo

Amnesty Internasional, Social Movement Institute (SMI), dan KontraS mengadakan aksi Kamisan yang dilakukan dengan berdiam …