Home » Berita » BPPM Balairung Luncurkan Jurnal “Antroposen”

BPPM Balairung Luncurkan Jurnal “Antroposen”

Jan Zalasiewciz sedang memaparkan materi via Skype di Ruang Utama Lantai 1, Graha Sabha Permana pada Jumat (06/04). Foto oleh Santi/EKSPRESI.

Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung, Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar diskusi sekaligus peluncuran Jurnal Balairung Vol.1 No.1 Tahun 2018 di Ruang Utama Lantai 1, Graha Sabha Permana pada Jumat (06/04). Diskusi bertajuk “Apa itu Antroposen” diawali dengan sambutan dari Muhammad Unies Ananda R. selaku Pemimpin Umum BPPM Balairung, serta Panut Mulyono selaku Rektor UGM.

Diskusi dimulai oleh Ni Nyoman Oktaria Asmarani selaku moderator. Ia menerangkan bahwa Antroposen merupakan salah satu epos waktu dalam ilmu geologi yang masih diperdebatkan para ahli. “Status Antroposen sebagai epos waktu belum diakui secara formal,” ujarnya.

Diskusi kemudian dipantik oleh Jan Zalasiewciz, profesor geologi dari University of Leicester. Diskusi berfokus pada upaya memformalkan Antroposen sebagai salah satu epos waktu dalam ilmu geologi. Karena kendala jarak, diskusi dilaksanakan via Skype.

Menurut Jan, membicarakan Antroposen berarti membicarakan perubahan besar sistem bumi sekaligus makhluk-makhluk yang ada di dalamnya. “Banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia telah mengubah bumi ini secara fundamental,” kata Jan. Menurutnya, kebutuhan manusia yang semakin kompleks membuat kondisi bumi berubah. Akibatnya, saat ini manusia tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dengan bumi pada masa depan.

Pada penghujung diskusi, Jan menyatakan akan terus berupaya agar Antroposen menjadi salah satu epos ilmu geologi yang formal, agar kian banyak kajian mengenai Antroposen.

Unies mengatakan tema Antroposen dipilih karena Balairung melihatnya sebagai fenomena yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia secara luas.  “Kami melihat di Indonesia belum ada ahli yang meneliti Antroposen, ” tuturnya ketika ditemui seusai acara. Unies berharap  usai acara ini akan ada diskusi-diskusi lebih lanjut,  serta ada penelitian tentang Antroposen yang empiris dan relevan dengan kondisi alam Indonesia.

Rofi Ali Majid

Editor: Ikhsan Abdul Hakim

Check Also

Orasi Menolak Pabrik Semen

Jumat (20/03), Aksi Solidaritas untuk Warga Rembang menyikapi kesaksian dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Eko …