Home » Berita » Kamasetra Rayakan Ulang Tahun dengan Pementasan Wayang “Sesaji Raja Suya”

Kamasetra Rayakan Ulang Tahun dengan Pementasan Wayang “Sesaji Raja Suya”

Tiga orang dalang melakukan pementasan wayang kulit dalam satu panggung. Foto oleh Egis/EKSPRESI.

Keluarga Mahasiswa Seni dan Tradisi (Kamasetra) UNY mengadakan pementasan wayang kulit berjudul “Sesaji Raja Suya” di Pendopo Tejakusuma FBS UNY pada Sabtu (7/4) malam. Pementasan ini didalangi oleh tiga dalang dalam satu penggung pementasan, yaitu Suryobintoro, Teguh Bangun, dan Hendro Hatmoko. “Pementasan tersebut adalah puncak dari rangkaian hari ulang tahun Kamasetra ke-37,” ujar Trisna Yunita selaku koordinator acara.

Acara pementasan wayang kulit ini berlangsung pada pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB. Taufikurohman, pimpinan produksi pementasan menjelaskan, konsep acara malam itu menggunakan Yogyakarta sebagai setting pementasan. Penggunaan tiga dalang sekaligus dalam satu panggung ini dilakukan untuk menunjukan jenis pementasan yang baru. Selain itu juga sebagai ajang pentas bagi warga baru, pengurus, dan beberapa angkatan alumni Kamasetra. “Pementasan ini juga menjadi ajang unjuk gigi bagi teman-teman warga baru dan warga lama Kamasetra sesuai dengan materi yang telah mereka pelajari sebelumnya,” jelas Taufikurohman.

Taufikurohman menceritakan, pementasan wayang dimulai dengan uyon-uyon atau sambutan terhadap beberapa tamu undangan dan memainkan gamelan agar menarik perhatian dari warga sekitar. Pementasan wayang dilanjutkan dengan paten enem atau penggambaran situasi yang akan diceritakan, yaitu mengenai Sesaji Raja Suya yang dilaksanakan oleh negara Amarta. Selanjutnya ada menyuro atau ending dari cerita yang mengisahkan terbunuhnya Jarasandha. “Terbunuhnya Jarasandha ini mengawali pelaksanaan Sesaji Raja Suya yang diadakan Pandawa,” tandasnya.

Haris Dwi Saputra
Editor : Riri Rahayu

Check Also

Ada “Sumpah Palsu” di Open House UKM

Ekspresionline.com – Rabu (29/04), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kamasetra menampilkan pertunjukan wayang yang dikolaborasikan dengan …