Home » Berita » Mengapa Karangmalang Tergenang?

Mengapa Karangmalang Tergenang?

Guyuran hujan selama dua jam membuat jalan-jalan di kompleks UNY di Karangmalang banjir hingga di atas mata kaki. Salah satunya di jalan depan Fakulatas Ilmu Sosial dan Fakultas Ekonomi. Menurut pengamatan, penyebab ruahnya air di jalan tersebut karena lubang menuju drainase terlalu kecil. Lubang-lubang di sisi trotoar pada kanan-kiri jalan tidak cukup mengalirkan semua air menuju drainase.

Selain itu, jalan yang berlubang dan permukaannya tidak rata juga jadi sebab. Kontur permukaan jalan yang cekung di sana-sini membuat air menggenang di beberapa tempat. Idealnya, kontur permukaan jalan dibentuk agar dapat mengalirkan air dengan lancar menuju lubang drainase.

Drainase tersebut berakhir di Jalan Colombo yang langganan banjir setiap kali hujan. Bahkan tinggi air bisa mencapai sepanggul orang dewasa.

Padahal, lubang-lubang kecil menuju drainase tersebut baru saja dibuat awal tahun 2011. Pembuatan dilakukan bersamaan dengan trotoar di sepanjang jalan depan fakultas.

Namun, selama ini drainase masih belum efektif. Jalan sebelah Minimarket Kopma UNY juga terendam banjir. Pengguna jalan disarankan berhati-hati terhadap lubang dan kemungkinan kendaraan bermotor mogok. (Prima SW)

Check Also

Mega-Mega Malang: Refleksi Atas Realitas

Pementasan teater Mega-Mega oleh ahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang, di Stage Tari, FBS. …