Home » Berita » Calon Ketua BEM Fakultas Tak Harus Diusung Partai
Repro. Randy | EKSPRESI

Calon Ketua BEM Fakultas Tak Harus Diusung Partai

Ekspresionline.com– Beberapa KPU Fakultas seperti FIS, FBS, dan FIP tidak mewajibkan calon Ketua BEM Fakultas harus diusung partai. Ketua DPM REMA UNY Calits Mumbahij Bahi mengatakan tidak ada rencana pembuatan aturan kelonggaran pengajuan calon Ketua BEM Fakultas yang diajukan tanpa menggunakan partai. Hal tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang Republik Mahasiswa (UU REMA) Pasal 24 ayat (3) yang menyebutkan “Pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Fakultas diusulkan oleh partai mahasiswa dan/atau gabungan partai mahasiswa peserta pemilwa”.

Calits menyebutkan aturan tersebut baru akan dibuat ketika sudah ada yang menanyakan atas pelegalan pelonggaran Undang-Undangnya. “Ketika nanti dipertanyakan, kita harus buat,” ungkap Calits saat ditemui di Student Center UNY, Senin (30/11).

Calits mengatakan adanya pemakluman dalam pelaksanaan UU REMA di fakultas didasari kondisi belum siapnya beberapa fakultas menggunakan partai. “Melihat kondisi di fakultas masing-masing, ada yang tidak memungkinkan menggunakan partai, ada yang kemudian memang enggak mau pakai partai,” tutur Calits.

Ia menyebutkan faktor lain yang mendukung adanya pelonggaran aturan ini karena dulunya sistem partai ini hanya berlaku di tingkat universitas. Calits menjelaskan sistem REMA sebelum tahun 2011 tidak mengatur syarat calon Ketua BEM Fakultas harus diusung partai.

Selanjutnya, Calits menyebutkan bila memang akan dikeluarkan aturan terkait pelaksanaan pemilwa, maka bentuknya adalah Surat Keputusan yang diakui oleh lembaga tingkat universitas. “Kemungkinan besar nanti akan kita rundingkan dengan eksekutif. Karena selama ini kita membolehkan tapi tidak ada aturan,” tutup Calits.

Muhammad Aziz Dharmawan

Check Also

Mekanisme Aklamasi Takjelas, Mahasiswa Gugat SK KPU FIP

Ekspresionline.com – Rizqi Lestari, Mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2014 beserta empat mahasiswa FIP lainnya melayangkan …